Cara memblokir situs yang tidak diinginkan

By Java


Posting ini merupakah “hutang” saya kepada 2 orang yang mengunjungi situs ini. Pertama untuk Abah yang meminta agar saya membahas cara memblokir situs p****, serta Cha, yang meminta saya agar membahas cara memblokir situs-situs,khususnya Facebook dan Youtube, karena temannya sering meminjam komputer utk browsing ke situs-situs tersebut.



Sebenarnya ada banyak cara untuk memblokir situs-situs yang tidak diinginkan, mulai dari yang sangat sederhana, misalnya lewat Internet Explorer (yang setelah saya coba, tidak berjalan sebagaimana mestinya/situsnya tetap tampil), tingkat kesulitannya sedang, yaitu memanfaatkan file “hosts” – seperti yang akan saya bahas kali ini serta cara yang paling bagus (mungkin bukan sekarang ya, karena lagi-lagi saya harus mengatur waktu saya). Mudah-mudahan, suatu saat nanti saya bisa membahas cara yang paling bagus (menurut saya) tadi.
Oh ya, sekedar tambahan, untuk abah, cara ini memang sedikit merepotkan. Kenapa ? Karena cara ini harus mengetikkan satu persatu situs yang ingin diblokir. Cara ini sementara cocok untuk Cha, karena hanya mengetikkan 2 situs yang ingin di blokir saja, yaitu facebook dan youtube.
Baiklah, untuk menyingkat waktu, saya akan mencoba menerangkan langkah-langkahnya :
1.Buka Windows Explorer 

2.Cari file yang bernama “hosts” (tanpa tanda kutip) dengan cara membuka C:\WINDOWS\system32\drivers\etc 

3. Untuk berjaga-jaga, back-up lah dulu file “hosts” tadi menjadi “hosts.bak”, caranya, anda bisa meng-copy (jadi nanti hasilnya ada 2, hosts.bak dan hosts yg asli).

4.  Cara membuka file hosts tadi, klik open di file tersebut, jika extensionnya tidak dikenali, gunakan notepad untuk membukanya. 

5. Setelah terbuka, akan muncul tampilan seperti ini (gambar terlampir) 


6. Alamat IP 127.0.0.1 adalah alamat default dari komputer kita. Kita memerlukan file ini untuk “mengalihkan” alamat-alamat situs nantinya agar dikenali sebagai alamat IP komputer kita, sehingga nanti kalau muncul akan bertuliskan error. 

7. Masukkan alamat-alamat situs yang tidak anda inginkan dengan cara mengarahkannya ke alamat IP komputer kita. Awali dengan cara menampilkan IP kita dulu. Sebagai contoh :
127.0.0.1 facebook.com 
127.0.0.1 youtube.com
dan lain-lain


cara ke 2



Berhubung ada beberapa pertanyaan yang masuk di kotak komentar seputar trik untuk memblokir situs-situs yang tidak diinginkan pada beberapa waktu lalu-yang bisa anda baca di sini, maka pada postingan kali ini saya akan membahas trik tentang cara memblokir situs-situs yang ingin diblokir.


Kali ini, saya memanfaatkan plugins/addons/pengaya yang ada padaMozilla Firefox. Seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel yang lalu, ada banyak cara untuk memblokir situs, ini merupakan cara lain yang bisa saya tulis di sini. Sayangnya, trik ini tidak berlaku bagi browser lain.
Baiklah kita mulai saja.

1. Buka Firefox

2. Berhubung saya menggunakan Firefox versi bahasa Indonesia, silahkan download plugins /addons pemblokir situs dengan cara mengklik menu Alat-Pengaya-pilih menu Unduh Pengaya, ketikkan di menu pencarian "Block Site" (tanpa tanda petik). Maka akan dimunculkan menu yang dimaksud. Pilih pasang ke Firefox. Bagi pengguna Firefox versi B. Inggris, bisa dilihat dengan cara membuka menu tool-plugins, ikuti instruksi yang ada di dalamnya.


3. Setelah muncul menu blocking site terpasang, restart Firefox.

4. Buka kembali Firefox, pilih menu Alat-Pengaya-di menu Blocksite, klik tombol pengaturan.

Oh ya, jangan lupa untuk tidak mencentang menu Enable Warning Message, agar ketika situs yang diblokir diketikkan di browser, tapi tidak muncul, maka peringatan tadi pun tidak akan muncul (agar teman anda tidak curiga). Satu lagi, pengaturan ini pun bisa menggunakan password, jadi bagi yang ngotot bin maksa ingin membuka pengaturan, tetap tidak akan bisa membuka situs yang sudah masuk daftar blokir.

Ikuti petunjuk seperti gambar di bawah ini :




5. Selesai. Silahkan anda coba masukkan satu situs yang ingin di blok, lalu buka di browser, maka situs yang masuk ke daftar blok tadi, tidak akan muncul. Bagi anda yang tidak ingin komputernya digunakan untuk mengakses Facebook oleh temannya, kini boleh lega.

Semoga bermanfaat.







Syntax diatas adalah cara kita memblok alamat-alamat tertentu dari sebuah situs, misalnya facebook dan youtube.


Oh ya, cara ini bisa digunakan di semua versi Windows. Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.